Breaking News

Wednesday, December 17, 2014

Adon-adon Coro, Minuman Khas Jepara

Ada banyak jenis minuman yang lebih pas disantap ketika sedang hujan. Beberapa di antaranya adalah wedang uwuh, wedang jahe, bandrek, bajigur atau kopi. Namun di Jepara, ada minuman sejenis yang namanya unik: Adon-adon Coro.


"Haa? Adon-adon coro?? minuman apa itu?" Mungkin itu adalah pertanyaan yang pertama kali ada dipikiran Anda, apalagi orang Jawa. Karena coro yang dalam bahasa Indonesianya adalah kecoa yang mungkin terdengar menjijikkan bagi Anda. Eiiitss, jangan negatif thinking dulu. Tidak ada sedikitpun bahan pembuat adon-adon coro ini dari kecoa kok, hanya namanya saja yang agak aneh, tapi rasanya maknyuuus!!

Adon-adon coro merupakan minuman khas dari kota emansipasi wanita yaitu Jepara. Walaupun sekarang sudah banyak minuman modern yang beranekaragam dan disukai banyak remaja, minuman favorit R.A. Kartini masih eksis hingga sekarang.

Jika anda ke kota Jepara, kemudian menuju ke sebelah utara alun-alun Jepara, anda akan menemukan SCJ (Shopping Center Jepara), disana anda akan menemukan tenda-tenda yang memang telah disediakan oleh pemerintah untuk tempat wisata kuliner Jepara Anda akan menemukan gerobak-gerobak yang bertuliskan adon-adon coro dan Anda bisa membelinya dengan harga sangat terjangkau.

Bahan dari minuman tradisional ini diantaranya adalah jahe, gula merah, santan, air secukupnya, dan jamu atau rempah-rempah seperti pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkeh, dan lengkuas, dan ini alasan mengapa adon-adon coro ini memiliki banyak khasiat. Rasanya tidak terlalu pedas dan tidak terlalu manis, teksturnya agak kental sehingga mengenyangkan.

Kenapa bisa disebut adon-adon coro? Itu adalah pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab. "Masalah itu saya tidak terlalu tahu, karena adon-adon coro ini sudah ada ketika embah dari bapak saya." kata Pak Slamet yang berumur 55 tahun ini.

Adon-adon coro ini sangat cocok diminum ketika cuaca dingin atau sedang hujan, karena dapat menghangatkan tubuh, apalagi ditambah dengan gorengan, akan menambah kenikmatan si adon-adon coro ini.

Atau bisa juga ditambah dengan pepes jamur yang juga tersedia di sana. Jadi ketika anda yang sedang berada di Jepara, habis hujan-hujan, kedinginan, dan perut keroncongan, langsung saja menuju ke sebelah utara alun-alun dan memesan adon-adon coro.

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates