Breaking News

Tuesday, January 6, 2015

Pentas Musik Jalanan Yang Unik

Pentas musik di atas panggung sudah biasa, ya. Bagaimana kalau pentas musik di atas roda raksasa? Ahh…pentas semacam ini cuma bisa kamu lihat di Kota Barcelona, Spanyol. Namanya, Rodafonio.


Rodafonio adalah sebuah teater jalanan yang mulai diperkenalkan pada tahun 2010. Panggung seperti roda ini dirancang oleh perancang sekaligus musisi terkenal César Alvarez Bayer. Rodafonio berupa ban raksasa setinggi 4 meter dengan lebar 15 sentimeter.

Di Rodafonio terdapat 3 bundaran untuk 3 pemain musik duduk. Pemusik ini memainkan saksofon, gitar, dan drum. Sementara dua orang petugas lainnya bertugas sebagai aktor yang menggerakkan roda, membawa alat mekanik itu menjadi hidup. Nah, para pemain musik dan aktor itu adalah anggota band musik Catalan yang diberi nama Factoria Circular.

Karena di atas roda, pertunjukan musik ini bisa berpindah tempat kemana saja.

Pertunjukan jalanan keliling memperlihatkan sebuah kerjasama antara prinsip-prinsip geometri dan musik. Sebelumnya tidak pernah ada formula matematika dan lembaran musik digabung untuk menciptakan sebuah pertunjukan yang luar biasa. Rodafonio ini pun menerangi karnaval dan membawa suasana pesta di berbagai jalanan.


Rodafonio diproduksi atas kerjasama dengan Dewan Kota Barcelona untuk La Mercè. La Mercè adalah festival tahunan yang menyajikan musik, tarian, petas seni, dan kegiatan budaya pop. Festival ini berlangsung selama 6 hari dalam menyambut perayaan keagamaan Katolik Roma, Our Lady of Mercy.

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates