Breaking News

Friday, December 26, 2014

5 Makanan Indonesia yang Tinggi Kalori

Kita terbiasa memanjakan lidah dengan makanan-makanan lezat. Keinginan untuk memuaskan lidah kadang membuat seseorang lupa akan kesehatan, terutama jumlah kalori yang dikandung makanan.


Kalori adalah sebuah satuan untuk menghitung jumlah energi. Setiap makanan yang kita makan, mengandung sejumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan suatu aktivitas. Kalori bisa diibaratkan sebagai bahan bakar dari suatu mesin untuk bergerak atau menjalankan tugasnya.

Dikutip dari CNN Indonesia, kalori yang terkandung dalam makanan disediakan oleh karbohidrat, protein, dan lemak. Di antara ketiganya, lemak mengandung kalori terbesar. Tidak hanya makanan barat seperti hamburger, steak, atau lobster saja yang harus diwaspadai, makanan Indonesia pun jika kita tidak selektif bisa menimbun lemak di tubuh.

Di jam makan siang seperti ini, berbagai menu makanan lezat tentu sudah di depan mata. Sebelum Anda menentukan menu makan siang, baca dulu informasi ini, makanan Indonesia apa saja yang memiliki kalori tinggi?

1. Satai kambing


Satai merupakan makanan Indonesia yang sangat kondang, satai kambing apalagi. Potongan kecil daging kambing dicampur dengan rempah-rempah lalu dibakar dengan arang kayu atau batok kelapa.

Jika tidak dengan bumbu kacang, satai kambing biasa dihidangkan dengan kecap potongan bawang merah dan irisan cabai rawit. Apa sudah bisa membayangkan berapa kalori yang ada dalam seporsi satai kambing?

Dalam laman Fatsecret, terdapat 775 kalori dalam 1 porsi (10 tusuk) satai kambing.  Rincian kalorinya, 50 persen lemak, 0 persen karbohidrat, dan 50 persen protein. Di Indonesia rupanya ada budaya, belum lengkap jika belum makan nasi.

Satu porsi nasi bisa mencapai 242 kalori. Lalu bayangkan, jika seporsi satai kambing disantap bersama seporsi nasi. Yaitu sekitar, 1.017 kalori. Jadi, jangan terlalu sering ya menyantap satai kambing!

2. Nasi goreng


Sajian ini adalah salah satu favorit orang Indonesia. Di segala suasana, pagi, siang, atau pun malam, menu nasi goreng pasti bisa kita temukan.  Hidangan adalah nasi yang digoreng dengan minyak goreng atau margarin, biasanya ditambahkan dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada, dan bumbu lainnya.

Apalagi jika Anda memesan nasi goreng spesial, maka telur mata sapi atau telur dadar akan jadi menambah kelezatannya. CNN Internasional bahkan menempatkan nasi goreng sebagai peringkat kedua dalam daftar 50 Makanan Terlezat di Dunia setelah rendang.

Namun, di balik kelezatan nasi goreng, ada kalori tinggi yang dikandungnya.

Berdasarkan laman Fatsecret, per porsi nasi goreng mengandung 333 kalori, dengan rincian 34 persen lemak, 51 persen karbohidrat, dan 15 persen protein. Belum lagi jika nasi goreng sea food yang Anda pesan.

3. Nasi rawon


Nasi rawon adalah sup daging dengan bumbu khas yang mengandung kluwek (bumbu dapur khas Indonesia yang berwarna hitam). Meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, masyarakat Jawa Tengah sebelah timur, seperti Surakarta, juga sangat akrab dengan hidangan ini.

Daging sapi yang dipotong-potong kecil adalah sumber kenikmatan hidangan ini. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Hidangan ini disajikan bersama nasi, lengkap dengan tauge kecili, daun bawang, dan kerupuk udang.

Tak ketinggalan daging sapi goreng dan sambal. Di Jawa Timur, rawon Pasuruan terutama yang paling populer. Daging sapi sendiri berdasarkan laman Fatsecreet mengandung 288 kalori setiap 100 gram. Biasanya keluarga di Indonesia memakai 2 atau 3 kilogram daging sapi untuk membuat rawon.

Anda bisa menerka sendiri berapa kalori dalam semangkuk rawon. Belum lagi kehadiran seporsi nasi yang melengkapi menu rawon ini.

4. Gado-gado


Mereka yang sedang dalam program diet lebih memilih menu gado-gado untuk makan siang mereka. Itu bisa dipahami. Hidangan yang berasal dari tanah Jawa ini adalah sayur-sayuran rebus yang dicampur satu dengan saus kacang.

Irisan telur menyertainya bersama taburang bawang goreng. Kerupuk dengan emping menambah nikmat hidangan ini. Dalam laman Fatsecreet, satu porsi gado-gado atau 100 gram mengandung sekitar 440 kalori.

Rincian kalori pada gado-gado adalah 0 persen lemak, 38 persen karbohidrat, dan 62 psersen protein. Satu sendok saus kacang mengandung 130 kalori. Bahkan saus thousand island saja satu sendoknya atau sekitar 20 gram mengandung 80 kalori.

5. Mi instan


Makanan lain yang sangat populer adalah mi instan. Penyajiannya yang mudah, serta rasanya yang sangat kuat membuat hidangan ini menjadi favorit kawula muda. Begitu populernya makanan ini, hampir dapat dipastikan seluruh orang Indonesia sudah mencicipi mi instan.

Sebagai produsen terbesar mi instan, rumah-rumah keluarga Indonesia biasanya menyimpan persedian mi ini di lemari makan mereka. Berdasarkan laman Fatsecreet, dalam sebungkus mi instan seberat 65 gram mengandung 300 kalori.

Bahan dasar mi yang terbuat dari tepung terigu juga merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. Belum lagi pelengkap kenikmatan mi instan, yaitu telur ayam. Satu butir telur ayam mengandung 70 kalori.

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates